Kamis, 14 Januari 2021

Bentuk-bentuk organisasi

Berdasarkan pola hubungan kerja, alur, wewenang dan tanggung jawabnya, strukrur organisasi dibedakan menjadi 3: 

1. Organisasi lini/ garis

Bentuk orgsnisasi garis lini, lalu lintads wewenang dan tanggungjawab berjalan secars lurus dan vertikal melalui saluran tunggal sehingga bentuk organisasi lebih sederhana.

Kelebihan : 

a. Kesatuan perintah lebih terjamin karena pumpiban pafa satu tangan

b. Proses pengambilan keputusan dspat berjalan lebih cepat

c. Rasa kesetiakawanan antar pegawai lebih tinggi karena lebih saling kenal

Kekurangan : 

a. Seluruh organisasi sangat bergantung pada satu orang.

b. Biasanya pimpinan cenderung otoriter

c. Pegawai lebih sulit untuk berkembang

Bagan : 

1. Seorang Pimpinan

2. Terdiri 3 kepala bagian

3. Masing-masing kepala bagian terdiri dua kepala seksi

2. Organisasi garis dan staff

Pada organisasi garis dan staff, pimpinan organisasi mengangkat tenaga staf untuk membantu pelaksanaan semua pekerjaan yang sangat luas. pada bentuk ini unit-unit organisasi disusun menurut bentuk lurus/ garis tetapi pada unit pimpinan, ditambah tenaga staff sebagai tenaga ahli perorangan atau suatu unit khusus yang bertugas memberikan bantuan-bantuan keahlian kepada pimpinan organisasi.

kelebihan :

a. Memudahkan untu pengambulan keputusan yang tepat

b. Cocok digunakan untuk organisasi besar yang memillikintugas dan tujuan yang luas

c. Lebih mudah untuk menerapkan konsep _the rihght man on the right place_

Kekurangan  :

a. Kesetiakawanan antar pegawai sulit dibina karena luasnya organisasi sehingga karyawan tidak saling mengenal.

b. Koordinasi sulit dilakukan karena rumitnta susunan organisasi

Bagan : 

1. Pimpinan

2. Akuntan publik

3. Penasihat hukum

4. Bagian keuangan

5. Bagian pemasaran

6. Bagian sdm

7. Bagian  produksi

8. Masing-masing bagian mempunya 2 kepala seksi

3. Organisasi fungsional

Organisasi fumgsional, seorang pimpinan tidak mempunyai bawahan yang jelas. Hal ini karena setiap pimpinan berwenang memberikan perintah kepada setiap bawqhan jika ada hubungannya dengan fungsi pimpinan tersebut.sepeaialisasi setiap  bawahan dapat dikembangkan dan dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Kelebihan :

a. Pembagiaan tugas menjadi lebih jelas

b. Spesialisasi pegawai lebij dapat dikembangkan

c. Spesialisasi pegawai dapat dimanfaatkan lebih maksimal karena masing-masing fungsi dapat dipegang oleh orang yang ahli dalam bidangnya

Kekurangan :

1. Sulit untuk melaalukan _tour of duty_ karena para pegawai telah terspelisasi

2. Para pegawai lebih mementingkan aepesialisaainya sehingga sulit melakukan koordinasi

3. Tidak ada kesatuan  perintah karena pegawaidapat menwrima perintah dari beberapa atasan yang sama-sama memikili kekuasaan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FUNGSI ADMINISTRASI

 Menurut Quible(2021), terdapat 5 jenis fungsi pendukung administrasi dalam perkantoran, yaitu : fungsi Rutin ; membutuhkan pemikiran minima...